#BloggerKita, #PanduanBlogger, #PanduanKita, #PanduanMenulis, #RabuMemandu
Sumber Gambar ebtohang.blogspot.co.id
Gimana Caranya Supaya Tulisan Kita Disukai Sama Pembaca?
Lalu Apa Aja yang Harus Dilakukan Biar Tulisan Kita Bagus?
Awan putih susu putih sapi minum apa?
Teka-teki yang udah sering waktu SMA
Banyak blogger yang bingung harus apa
Gimana caranya masuk halaman pertama?
Salam Mas Bro dan Mbak Bro
Lagi belajar SEO kah?
Trus terang sebagai blogger, sedih banget sekarang liat grup blogger di “bukumuka” dan “Google+”. Bosen sama isi-isinya. Kalo ga jualan ya isinya cuma bagi-bagi postingan gratis tapi gajelas manfaat tulisannya itu.
Banyak yang masuk anggota grup yang sekedar jadi anggota aja. Biasanya kelakuan cuma kayak gini nih
1.Pasang link tulisan;
2.Trus pergi.
Ibarat bertamu kerumah ya. Datang kalo ada perlunya dan ga pamitan.
Oh ya, 1 hal lagi yang paling miris adalah banyak yang pasang status “ngemis” minta dikunjungi dan dikasih komentar situs ato blognya dengan imbalan akan dikunjungi dan dikomentari balik.
Segitu miskinnya kah #KitaBloggerIndonesia?
Masa ga bisa hasilin tulisan yang bermanfaat?
Wuhuu, nah untuk itu. Kita disini may berbagi 27 cara dan langkah membuat tulisan yang bagus, menarik, dan 99% disukai pembaca. Caranya sederhana kok.
Gimana Caranya Supaya Tulisan Kita Disukai Sama Pembaca?
Sumber Gambar www.aktual.com
1.Temukan Permasalahan Dulu
Sering kali sekarang ini konten dibuat hanya sekedar menghibur. Mau tulisan, gambar, atopun video. Jangan buat hanya sekedar itu membunuh pelan-pelan.
“Tulisan, gambar, ato video yang dibuat asal. Pelan-pelan akan membunuh.”
@kekitaan
Liat tipi sekarang yang hanya sekedar cari rating aja. Ga peduli isinya menarik ato ga. Ga peduli isinya mendidik ato ga. Asal banyak ditonton dan dapat duit. Masalah selesai. Buktinya tuhsinetron, reality show, dan acara musik pagi-pagi yang ga jelas.
Lalu kalo kita ga suka itu, apa bedanya blogger yang cuma traffic sama tipi yang cuma cari rating?
Nah, karna itu nasihat yang ada dimana-mana. Nasihat yang sering dinyanyiin sama blogger lama. Buat tulisan yang deket sama kita, yang kita ngerti. Itu bener 100%.
Kalo diluar sana ada banyak penulis dengan hasil yang keren-keren. Sedangkan kita ga bisa apa-apa. Cuma ngeblog sekedar ikut-ikutan. Itu udahbagus. Daripada jatuh sama rokok, minuman beralkohol, narkoba, dan judi?
Nah, panduan sederhananya adalah “Tulisan ajaapa kita alami”.
Semua pasti punya masalah, nah tulis aja itu apa adanya.
“Kenapa tulisan Raditya Dika akhirnya bisa jadi buku?”
Ya, karna dia menulis apa adanya. Ga berusaha keren, jadinya apa yang dia ada itu yang disukai pembaca. Liat sekarang pengikutnya di media sosial, jutaan. Udah bisa buat negara baru.
Kalo kita blogger yang jomblo sejak kecil, ini ada 2 pilihan judul.
1. Kenapa Orang Bisa Jomblo Sampe Belasan Tahun?
Tulis aja pengalamanmu selama belasan tahun. Pasti banyak disukai sama Ikan Jomblo Indonesia.
2. 11 Cara Mendapatkan Pasangan.
Kita pasti punya cara masing-masing buat dapatkan pasangan. Meski nanti caramu itu konyol tapi bisa jadi hiburan tersendiri buat pembaca.
Nah, kembali ke tulisan kita ini.
Permasalahan yang kita alami udah kita sampeindiawal tadi. Maka kita berencana membuat tulisan yang bisa mengatasi masalah itu. Selanjutnya kita bahas dinomor 2.
Masalah : Blogger Ngemis Dikunjungi
Sumber Gambar lahiya.com
2.Tentukan Rumusan Masalah
Kayak ngerjain skripsi ya?
Yap, kayak ngerjain makalah juga.
Trus terang, dulu waktu ngerjain makalah dan skripsi suka malas. Karna udah nemu judul tapi harus buat rumusan masalah lagi.
Tapi sekarang akhirnya sadar, kalo orang-orang yang lebih dulu menulis dari kita. Ga asal buat semuanya itu.
Jadi tulisan yang bagus itu kalo dalam kalimat pembuka sebutkan apa masalahnya. Lalu pada isi dan akhir tulisannya menjawab masalah itu.
Makanya dari awal harus tentukan apa rumusan permasalahannya.
Permasalahan yang kita alami udah kita sampein diawal tadi. Maka kita berencana membuat tulisan yang bisa mengatasi masalah itu. Selanjutnya kita bahas dinomor 2.
Masalah : Blogger Ngemis Dikunjungi
Rumusan Masalah : Gimana caranya membuat tulisan supaya blog dikunjungi?
Sumber Gambar jurusmarketingonline.blogspot.co.id
3.Tentukan Isi dan Tujuan Tulisan
“Tulisan untuk dibaca, itu udah pasti. Tapi tulisan kayak apa yang enak buat dibaca?”
@kekitaan
Sebelum buat tulisan coba posisikan jadi pembaca. Kalo tulisan kayak gini bakal dibaca orang ga?
1.Ulasan produk televisi merek Polytron;
2.Curhat tentang keseharian seorang model;
3.Panduan memasak mie rebus;
4.Fakta Unik Tentang Kemerdekaan Indonesia;
4 tulisan diatas termasuk dalam “27 Jenis Tulisan yang Enak dan 99% Disukai Sama Pembaca”. Kita akan bahas dilain waktu ya.
Dari 4 tulisan diatas, kira-kira mana yang paling menarik. Kalo kita laki-laki pasti suka nomor 2. Kalo anak kos akan suka nomor 3. Kalo kita orang Indonesia dimasa bulan Agustus kita pasti akan baca nomor 4. Nah, berarti tulisan nomor 1 ga menarik?
Kalo Mas Bro dan Mbak Bro adalah anak kos yang makannya mie rebus dan dikos-kosan ada wifi. Pasti ga suka dan ga milih tulisan nomor 1. Betul?
Tapi kalo ada keluarga di kampung yang mau beli tipi trus minta tolong sama kita dibeliin lewat toko online. Maka bergeraklah kita ke “Ulasan produk televisi merek Polytron” lalu kita membeli di bhinneka.com. POLYTRON 22 Inch LED TV [PLD-22D900]
Nah, dari penjelasan singkat diatas sebenernya tulisan kayak apapun juga itu akan dibaca. Tinggal kita aja yang menentukan gaya bahasa, sama siapa tulisan itu dibuat, dan kapan tulisan itu disebar.
Kita ambil contoh untuk tulisan ini. Karna pemasalahan blogger yang ngemis dikunjungi. Maka kita berencana membuat tulisan ini. Nah, isinya tentang panduan menulis tahap per tahap. Sedangkan tujuan tulisan ini supaya blogger bisa buat tulisan dengan baik tanpa harus ngemis-ngemis lagi.
Meski begitu ga menutup kemungkinan selain blogger juga akan menjadi pembaca tulisan ini.
Masalah : Blogger Ngemis Dikunjungi
Rumusan Masalah: Gimana caranya membuat tulisan supaya blog dikunjungi?
Isi : Panduan Menulis, tahap per tahap
Tujuan : Biar blogger bisa menulis dengan baik
Sumber Gambar riaubook.com
4.Tentukan Siapa Pembaca
Banyak penulis dan blogger membuat tulisan tanpa tau siapa aja yang akan baca tulisannya.
Padahal ini penting, supaya kita ga salah buat isi tulisannya dan ga salah tembak kata kunci.
Kayak tulisan ini misalnya, jelas target pembacanya yaitu:
1.Blogger pada umumnya;
2.Blogger baru;
3.Penulis baru;
#PanduanKita
Usahakan tiap tulisan kita mendapatkan lebih dari 2 target pembaca.
Jadi kalo seandainya ada 1 target kita ga tercapai maka target lainnya masih bisa dicapai.
Sumber Gambar infoutama.com
5.Teliti Kata Kunci
Salah satu rahasia umum para blogger lama, kenapa mudah menangkan SEO dan masuk dalam halaman 1 mesin pencari adalah kata kunci.
Blogger lama udah jago mainin kata kunci.
Contoh tulisan ini misalnya
Judul27 Cara dan Tahap Membuat Tulisan agar Situs dan Blog 99% Masuk Peringkat 1 Halaman 1 Mesin PencariKata KunciHalaman 1 mesin pencari
Cara Masuk Halaman 1 Mesin Pencari
Cara Membuat Tulisan Masuk Halaman 1 Mesin Pencari
Cara dan Langkah Membuat Tulisan yang BagusCara dan Langkah Membuat Tulisan MenarikCara dan Langkah Membuat Tulisan yang Disukai Pembaca
Nah, kata kunci diatas itu dicari 1000an – 10.000an per bulan dimesin pencari.
Maka kita masukkan dalam 1 judul sehingga peluang tulisan ini dibaca sama blogger adalah puluhan ribu tiap bulan.
Nah, sesuaikan judul tulisan, sub judul, dan isinya dengan target pembaca.
Kita harus bisa pasang diri sebagai pembaca, biasanya mereka pake kata kunci apa ya?
#PanduanKita
Cari kata kunci utama sesuai judul dan buat minimal 5 kata kunci turunannya.
Karna setiap hal itu biasanya dipandang oleh banyak orang dalam berbagai sudut pandang. Jadi paling ga 5 kata kunci turunan itu mewakili setiap sudut pandang itu.
Sumber Gambar newbiegger.blogspot.co.id
6.Buat Judul yang Menarik, Enak Dibaca, dan Mudah Dipahami
3 syarat diatas itu ga bisa dipisahkan ya. Buat apa judul menarik tapi malah buat bingung?
Buat apa buat judul singkat biar mudah dipahami tapi ga menarik?
Nah, supaya judul bener-bener bisa menarik pembaca.
1.Kita mulai membuat judul dengan “Cara”. Karna kata kunci ini muncul hingga angka jutaan dimesin setiap bulannya.
2.Lalu kita tambahkan kata “langkah” untuk mewakili tahapan-tahapan 27 cara menulis.
3.Kata “bagus dan menarik” karna memang tulisan yang seperti itu yang disukai pembaca
3.Kita tambahkan “99% Disukai Pembaca” buat mempertegas isi tulisan ini. Selain itu kita pilih angka ganjil. Karna berdasarkan penelitian pembaca lebih suka angka ganjil daripada genap. Lalu kenapa ga 100% karna selalu aja ada kemungkinan sebuah tulisan ga dibaca.
Meski kita yakin 27 tahapan ini akan berhasil tapi kemungkinan itu mewakili 1%.
Masalah : Blogger Ngemis Dikunjungi
Rumusan Masalah: Gimana caranya membuat tulisan supaya blog dikunjungi?
Judul : 27 Cara dan Langkah Membuat Tulisan yang Bagus, Menarik, dan 99% Disukai Pembaca.
Isi : Panduan Menulis, tahap per tahap
Tujuan : Biar blogger bisa menulis dengan baik
Sumber Gambar hosting.id
7.Buat Sub Judul yang SEO dan Mengandung Kata Kunci
Untuk urusan sub judul ini diluar sana Mas Bro dan Mbak Bro ada 2 jenis blogger.
1.Blogger menulis tanpa sub judul.
Buat yang ga membuat sub judul memang ga jadi paksaan. Tapi disadari ato ga “sub judul” ini sangat besar pengaruhnya untuk SEO, penulis, dan pembaca.
Untuk SEO, mesin pencari akan semakin mudah mencari situs kita. Untuk penulis, kita bisa kasih tambahan kata kunci utama lain ato kata kunci tambahan. Sedangkan utnuk pembaca, sub judul kasih gambaran singkat seperti apakah isi tulisan.
2.Blogger menulis sub judul tapi maksa.
Ada blogger yang membuat sub judul dan itu persis sama judul. Itu maksa banget. Blogger yang hanya kejar SEO tapi ga perhatian sama pembacanya.
Pembaca udah tau judul tulisan jadi ngapain lagi ketik kalimat yang sama.
Nah, untuk itu
Judul : 27 Cara dan Langkah Membuat Tulisan yang Bagus, Menarik, dan 99% Disukai Pembaca : #PanduanKita29
Sub Judul :
1.Gimana Caranya Supaya Tulisan Kita Disukai Sama Pembaca?
2.Lalu Apa Aja yang Harus Dilakukan Biar Tulisan Kita Bagus?
Judul tulisan kasih tau langkah membuat tulisan. Jadi sub judul berupa pertanyaan “gimana caranya” membuat tulisan yang bagus. Itu sangat wajar. Lalu kita tambahkan dengan “apa aja” yang harus dilakukan untuk membuat tulisan.
Untuk membuat sub judul cukup 1 ato 2 aja. Biar porsinya pas. Kalo 3 udah terlalu panjang.
Sumber Gambar lifestyle.okezone.com
8.Lakukan Penelitian Permasalahan
Masuk ke mesin pencari dan cari tau kenapa.
Nah, dalam tulisan ini permasalahan yang kita temukan ada beberapa;
1.Banyak blogger baru yang salah tujuan;
Ga bisa dipungkiri uang dan popularitas itu banyak dikejar sama blogger pemula. Bermodal baca pengalaman blogger kaya. Maka semangatnya berapi-api. Lalu jatuh saat tau susahnya. Penjelasan rinciannya kita bahas dalam 27 Kesalahan yang Dilakukan Sama Blogger Pemula.
2.Blogger pemula hanya panas diawal aja;
Anak baru kalo lagi jati diri itu bagus. Salah satunya coba jadi blogger. Tapi jangan buta, karna kerjaan seenak apapun dan sebesar apapun gajinya. Semua punya kesusahannya masing-masing.
3.Ga ada tulisan yang mengarahkan blogger pemula untuk memulai darimana dan apa yang harus dilakukan;
Blogger penuh waktu dan profesional yang udah pengalaman sering kali pamer keberhasilan. Tanpa sebut gimana susahnya mendapatkan itu. Jadinya banyak anak baru salah kaprah.
4.Ga tulisan yang menjelaskan dengan rinci cara membuat tulisan yang bagus, menarik, dan 99% disukai pembaca.
Nah, untuk itulah kita buat tulisan ini.
Sumber Gambar guruteknikinformatika.blogspot.co.id
9.Teliti dan Pilih Kata Kunci Sesuai Isi dan Tujuan Tulisan
Ada yang blogger yang pernah menulis, ga peduli SEO, search engine optimization, menulis ya menulis aja. Ada bener tapi ada salahnya.
Ada juga blogger lain yang menulis. SEO itu penting. Nah, ini ada benernya tapi ada yang perlu ditambahkan.
Kita beranggapan Mas Bro dan Mbak Bro udah ngerti SEO ya. Kalo belum silahkan klik disini ya.
Kalo kita kasih contoh sederhana, tulisan dan SEO itu adalah sayur dan garam. Sayur itu penting, terkadang bisa dinikmati tanpa garam. Kalo itu makan lalapan doang. Tapi kalo makan besar masa’ sayur tanpa garam?
Ga enak dong. Bener sih sayur bergizi tapi lidah ini kan perlu untuk diladeni.
Nah, untuk itu memilih kata kunci yang tepat agar SEO bisa bekerja maksimal. Maka tulisan yang bagus itu menarik, enak dibaca, dan ter-SEO. Maka pilih lah kata kunci yang sering dicari mesin pencari.
Kita ambil contoh kata “pakaian” dan “baju”. Sehari-hari orang lebih banyak pake istilah baju daripada pakaian. Jarang kita bilang “mau ganti pakaian” pasti “mau ganti baju”.
Jadi meskipun situs ato blognya Mas Bro dan Mbak Bro, nomor satu untuk kata kunci pakaian. Maka belum tentu akan dikunjungi.
Itulah kenapa dalam menulis kita perlu teliti dan pilih kata kunci sesuai isi dan tujuan tulisan.
Sumber Gambar www.gakuku.com
10.Teliti Situs Pesaing
Ini penting banget.
Liat apakah saingan udah pernah buat tulisan yang sama.
Jangan sampe saingan udah buat tulisan sama dan kita ga kasih nilai lebih dari tulisan yang udah ada.
Pake aja jurus ATM. Amati, tiru, dan mainkan.
Amati, cara ini gampang banget sih. Kita tinggal cari tau aja apa, siap, dan untuk apa sebuah tulisan itu dibuat sama penulisnya. Paling penting tadi amati pesaing kita dan tulisannya.
Tiru, dalam proses ini gampang lagi. Kita tinggal buat tulisan sama seperti pesaing kita. Jangan anggap remeh dan nganggap ini plagiat ya. Banyak yang jualan nasi goreng, emang mereka saling tuduh plagiat?
Kita harus tulis ulang dong sesuai pikiran dan kata-kata kita. Masa sama persis?
Emang zaman kuliah, cuma copy paste doang.
Mainkan, nah ini nih bagian paling sulit. Kalo udah tulis ulang. Selanjutnya kasih nilai tambah dong. Seperti contoh nasi goreng tadi. Kita pasti suka nasi goreng. Tapi semua jenis nasi goreng kita suka kan?
Kita suka nasi goreng telor di warung samping rumah misalnya. Trus kita juga suka acar buatan Mama, kita juga suka bawang goreng buatan Abang Tukang Bakso.
Kenapa kita ga coba buat nasi goreng telor kasih acar dan bawang goreng. Itu udah nilai tambah.
Nah, begitu juga dengan membuat tulisan ini.
Kita udah sering baca tulisan dengan panduan, buat tulisan harus teliti dulu baru tulis. Kebanyakan gitu-gitu aja. Akhirnya dari pengalaman kita. Kita ketiklah tulisan ini.
Tulisan ini ga bisa lahir kalo sebelumnya kita ga pernah baca panduan menulis lainnya.
Kita buat aja tulisan sama dengan kasih nilai tambah. Bukan plagiat dong?
Nah, itu hasil tulisan ini.
Sumber Gambar darinholic.com
11.Buat Kerangka Tulisan
Saat membuat tulisan ini, kita mulia menulis sub judul dari angka 1 sampe 27. Sambil tulis apa aja awal tahapan-tahapannya. Trus terang saat membuat tulisan ini kita belum ada 27 cara dan tahapan. Tapi pelan-pelan kita pilah cara menulis di kekitaan.com menjadi 27 tahapan. Supaya mudah dimengerti dan dipraktekin sama blogger pembaca nantinya.
Tapi untuk mengatasinya kita mulai cara dan tahapannya dengan awal dan akhir dulu. Awalnya kita buat “Temukan Permasalahan Dulu” dan akhirnya “Sebarin Tulisan Di Media Sosial”.
Nah, saat membuat kerangka tulisan. Jangan lupa selalu membuat pembuka, isi, dan penutup.
Panduan menulis dari kita nih.
1.Jangan membuat pembuka tulisan yang basa-basi.
2.Jangan juga buat pembuka yang langsung menjawab judul tulisan.
3.Buat pembaca penasaran, tapi jangan buat bingung;
4.Jangan juga buat pembuka yang panjang.
Penjabarannya dibawah ya.
Lalu Apa Aja yang Harus Dilakukan Biar Tulisan Kita Bagus?
Sumber Gambar doggiesbackpacker.blogspot.co.id
12.Buat Ato Cari Ciri Khas
Buat blogger baru yang hanya sekedar cari uang dan pengunjung aja. Ini bukan sesuatu yang penting. Tapi ini rahasia besarnya. Jurus ciri khas ini berlaku dimana-mana.
Contoh sederhana kita buat dalam ajang pencarian bakat. Banyak yang punya suara bagus. Tapi ga semua diterima kan?
Pengalaman pasti, ada yang menurut kita bagus suaranya. Tapi malah menulis jurinya biasa aja. Tapi ada yang menurut kita biasa aja tapi menurut juri itu bagus. Karna menjual. Karna belum ada yang seperti itu. Karna dia ada ciri khas.
Mas Bro dan Mbak Bro sadari ato ga blogger yang udah berpengalaman itu pasti punya ciri khas baik disengaja ato ga disengaja.
Kita ambil contoh PanduanIM.com, Mas Bro Darmawan selalu membuat tulisannya lengkap dengan data. Untuk meyakinkan pembaca. Kalo kekitaan.com membuat hal yang sama tentu akan kalah. Karna Mas Bro Darmawan udah melakukan itu pertama kali dan udah banyak orang yang tau. Nah untuk itu kita ambil kelebihannya itu.
kekitaan.com membuat tulisan dengan data. Juga membuat ciri khas lain yaitu:
1.Setiap tulisan diawali dan diakhiri dengan pantun.
2.Gaya penulisan kita juga santai, ga baku, dan kayak ngobrol;
3.Setiap tulisan ada gambar, sumber gambar, dan sumber tulisan yang jelas.
Seperti tulisan ini misalnya terdorong pembuatannya karena karya Mas Bro Darmawan, 9 Tahap Menulis Artikel yang Baik untuk Website agar Mendapatkan Peringkat 1 di Google.
Jadi Mas Bro dan Mbak Bro per Oktober 2015, blogger Indonesia tuh cuma 3,5% dari 88,1 juta pengguna internet. Jadi Mas Bro Darmawan adalah 1 dari 3.083.500 blogger Indonesia yang punya ciri khas membuat data dalam tiap tulisannya.
Nah, kekitaan.com sendiri jadi 1 dari 3 juta blogger Indonesia itu juga dengan ciri khas diatas. Bayangin nih bukan cuma tulisan kita. Tapi juga blog kita tenggelam diantara 3 juta blog itu.
Segera cari ciri khas sendiri ya.
Sumber Gambar www.youthmanual.com
13.Jangan Membuat Pembuka Tulisan yang Basa-basi.
Kita nih suka banget keliling-keliling didunia maya buat cari ide buat tulisan baru. Sering tuh temui tulisan. Judul udah bagus tapi bab pembuka membosankan. Membahas sesuatu yang perlu dibahas.
Contoh nih,
Judul : Cara Membuat Tulisan yang Masuk Halaman 1 Peringkat 1 Mesin Pencari
Bab Pembuka :
“Kita tahu sekarang ini internet semakin berkembang dan disukai banyak orang. Buktinya semakin banyaknya pengguna internet. Kebayakan mereka mencari tahu informasi baru lewat mesin pencari. Saat mencari informasi mereka hanya mengklik situs yang ada dihalaman pertama saja. Nah, maka kita harus bisa membuat tulisan yang masuk halaman 1 peringkat 1 mesin pencari.”
Ya, iyalah, siapa juga tau. Meski pembuka diatas ga terlalu buruk. Tapi kalimat “Kita tahu sekarang ini internet semakin berkembang dan disukai banyak orang. Buktinya semakin banyaknya pengguna internet.” Itu ga penting banget.
Dibanding dengan ini Mas Bro dan Mbak Bro pilih yang mana?
Bab Pembuka
“Salam Mas Bro dan Mbak Bro
Berapa kali dalam sehari kita buka mesin pencari?
Ga bisa hitungkan?
Tapi pasti sama-sama tau dong kalo pembaca lebih sering mengklik link di halaman 1 aja. Bahkan cenderung hanya mengklik link peringkat 1 halaman 1 aja. Kalo udah temuin jawaban. Ngapain lain ke peringkat 2 kan?. Begitu juga dengan pembaca kita para blogger. Maka kita harus bisa membuat tulisan dan blog kita muncul dihalaman 1 peringkat 1 mesin pencari.
Lalu gimana caranya?”
Nah, jelas perbedaannya kan?
Bab pembuka langsung pada permasalahan, kasih bukti nyata, dan lebih akrab dengan pembaca.
14.Buat Pembaca Penasaran, Tapi Jangan Buat Bingung;
Asik banget kalo baca tulisan yang judulnya udah bagus dan bab pembukanya bisa buat kita penasaran.
Kayak paragraf diatas tadi.
“Salam Mas Bro dan Mbak Bro
Berapa kali dalam sehari kita buka mesin pencari?
Ga bisa hitungkan?
Tapi pasti sama-sama tau dong kalo pembaca lebih sering mengklik link di halaman 1 aja. Bahkan cenderung hanya mengklik link peringkat 1 halaman 1 aja. Kalo udah temuin jawaban. Ngapain lain ke peringkat 2 kan?
Begitu juga dengan pembaca kita para blogger. Maka kita harus bisa membuat tulisan dan blog kita muncul dihalaman 1 peringkat 1 mesin pencari.
Lalu gimana caranya?”
Kalimat yang kita tandai merah pasti disepakati sama pembaca. Perasaan satu rasa karna ngalamin hal yang sama akan membuat pembaca penasaran. Lalu kita bingukan mereka dengan pertanyaan “Lalu gimana caranya?”.
Dipastikan pembaca akan buru-buru lanjut ke paragraf selanjutnya.
Sumber Gambar gelut.com
15.Jangan Juga Buat Pembuka yang Langsung Menjawab Judul Tulisan;
Persis seperti paragraf diatas. Kita malah membuat pembaca penasaran sama isi tulisan. Judul udah menjawab banget pertanyaan para blogger. Tapi jawaban ga langsung kita kasih diawal.
Alasannya sederhana aja, yaitu:
1.Kalo pembaca udah temukan jawaban diawal. Ngapain lagi membaca tulisan sampe akhir?
2.Tulisan / blog yang lama dihinggapi sama pembaca itu menambah peluang untuk naik peringkat dan juga masuk halaman 1 dan peringkat 1 mesin pencari.
Ga percaya?
Kita balikkan pertanyaannya, Mas Bro dan Mbak Bro lebih pilih mana?
Tulisan yang singkat ato tulisan panjang dengan jawaban yang rinci?
Ingat yang buat mesin pencari itu juga manusia loh.
Sumber Gambar pagenews.co
16.Jangan Juga Buat Pembuka yang Panjang;
Jokowi aja ga suka kata sambutan yang panjang, masa kita ga?
Jenis Bab Pembuka seperti ini biasanya dibuat sama blogger yang mencari jumlah kata yang banyak dalam sebuah tulisan.
Karna memang ada “rumor” yang beredar kalo tulisan dengan kata yang banyak itu lebih disukai sama mesin pencari.
Buat yang sekedar membaca memang akan makan mentah-mentah rumor tadi. Meski sebenernya itu benar adanya Mas Bro dan Mbak Bro. Hal ini disampekan sama Mas Bro Rusdianto (writepreneurs). Mas Bro ini bilang dengan jelas kalo “konten mendalam minimal 1.500 kata” itu jarang dibuat sama orang lain. Sehingga kalo kita tulisan lengkap dan mendalam sampe ribuan maka akan disukai sama mesin pencari.
Sumber Gambar www.telunjukjempol.com
17.Isi Tulisan Harus Tersusun Rapi, Menarik, dan Mudah Dipahami;
Setelah selesai dari pembuka selanjutnya adalah membuat tulisan yang tersusun rapi, menarik, dan mudah dipahami. Ketiganya ini harus jadi satu. Jangan dipisah.
Contoh, tulisannya rapi tapi ga menarik.
Jadi ada tulisan yang tersusun dengan judul, sub bab, isi, dan akhir tulisan. Tapi ga ada gambarnya. Maka ga terlalu menarik buat dibaca.
Contoh selanjutnya, tulisannya rapi dan menarik tapi susah dipahami.
Jadi ada tulisan tuh sama seperti diatas. Tersusun rapi dengan judul, sub bab, isi, dan akhir tulisan. Lengkap dengan gambarnya. Tapi bahasanya berat buat dimengerti. Maka ga terlalu menarik buat dibaca.
Sebenernya, tulisan itu kayak omongan kita tiap hari. Kalo kita udah punya temen deket buat dengerin curhatan kita tiap hari. Keluarga yang mau dengar omongan kita tiap hari. Maka tulisan kita juga bisa. Masalahnya banyak yang bahasa sehari-hari santai. Tapi kalo nulis malah formal. Terpengaruh sama tugas sekolah, makalah kuliah, dan tugas akhir. Tentu ga semua orang akan baca.
Siapa coba yang baca skripsi kita itu setelah kita udah lulus?
Ga ada kan?
Cuma hiasan diperpustakaan kan?
Paling anak yang mau lulus lagi, karna butuh contekan dan daftar pustaka.
Hahahaha, kita bahas ini lain kali ya.
Sumber Gambar jasawordpress.com
18.Kasih Gambar Dalam Tulisan;
Ini penting banget nih.
Liat tulisan ini, setiap sub judul ada gambarnya.
Sebagai penulis sendiri, kita suka liatnya.
Alasan lainnya adalah lebih suka baca komik ato buku sekolah?
Itu alasannya.
Catatan
Kalo bisa kasih ilustrasi dan/ato video dalam tulisan.
Itu nasi goreng tambah telor dan jus.
Bergizi.
Sumber Gambar blog.pauluswinarto.com
19.Masukkan Kata Kunci Dalam Tulisan;
Kata kunci yang bagus itu ada di awal, tengah, akhir dan tulisan. Untuk usahain masukin kata kunci sejak awal paragraf dimulai. Panduan gampangnya adalah masukkan dalam sub judul. Seperti dalam tulisan ini. Silahkan baca sub judul diatas.
Kenapa kata kunci harus ada di awal, tengah, akhir dan tulisan. Ketika ada yang ketik di mesin pencari maka calon pembaca akan disodorkan judul tulisan, meta deskripsi, dan isi tulisan. Jadi kalo tulisan kita bisa menjawab pertanyaan pembaca dengan kata kuncinya. Pasti tulisan kita akan dibaca sampe akhir.
Buktikan sendiri.
Sumber Gambar screenshot mesin pencari
20.Masukkan Kata Kunci Dalam Gambar dan/ato Tulisan;
Sengaja kita pisah nih, karna meskipun sama dengan yang diatas. Tapi cara kerjanya beda. Karna banyak juga yang ga melakukan ini.
Banyak penulis dan blogger hanya tanam kata kunci dalam tulisan aja. Judul gambar dan video sering terlupakan. Padahal kalo orang cari sesuatu kalo ada tulisan, gambar, dan videonya. Bakal lebih mantap.
Pembaca ga akan lari lagi ke situs lainnya.
Sumber Gambar screenshot Blog Kita
21.Judul Tulisan Sama dengan Hyperlink / URL;
Satu alasan kuat tulisan masuk, mudah diindeks sama mesin pencari. Lalu masuk dihalaman 1 mesin pencari adalah judul yang sama dengan hyperlink / URL.
Ini udah jadi harga mati.
Jadi jangan sampe ga dilakuin.
Sumber Gambar screenshot Blog Kita
22.Masukkan Semua Kata Kunci Dalam Tags;
Kalo yang nomor 19 diatas adalah harga mati.
Maka ini adalah sama.
Setiap kata kunci yang ada wajib masuk dalam tags.
Oh ya, ada aturan yang bilang jangan buat kata kunci lebih dari 20.
Jadi silahkan diikuti ya.
Biar ga dianggap spam.
Sumber Gambar screenshot Blog Kita
23.Masukkan Judul dan Kata Kunci dalam Meta Deskripsi;
Disini kita berpikiran kalo Mas Bro dan Mbak Bro udah tau apa itu meta deskripsi ya.
Dengan memasukkan judul dan kata kunci dalam meta deskripsi. Maka peluang tulisan kita buat masuk halaman 1 dan peringkat 1 mesin pencari akan makin besar. Apalagi kemungkinan buat dibaca.
Sumber Gambar www.centerklik.com
24.Buat Tagar yang Menarik;
Masih ingat saat kejadian bom di Jakarta. Saat #PrayForJakarta dan #KamiTidakTakut. Sebegitu kuatnya tagar itu mempengaruhi rasa nasionalisme kita.
Nah cara yang sama itu juga bisa lakukan dengan tulisan kita supaya bisa dibaca sama banyak orang.
Tagar yang bagus itu harus menarik kalimatnya. Cara membuatnya gampang aja:
1.Sesuai sama tren yang ada;
2.Buat kata yang enak didenger ato ga enak didengar;
Dua jurus itu terbukti berhasil dalam #PrayForJakarta dan #KamiTidakTakut. Pada kasus penembakan oleh teroris di daerah Sarinah, Jakarta, tanggal 14 Januari 2016.
Sebelumnya #KoinKeadilan adalah bukti pertama kali kekuatan tagar. Karna bisa gerakin kita orang Indonesia nyatain simpati kepada Prita Mulyasari. Korban yang harus membayar denda Rp204 juta kepada RS Omni. Alasannya karna didakwa cemarin nama baik RS Omni.
Dunia maya dan dunia nyata bergerak sampe terkumpul 4 kali lipat uang denda, yaitu Rp824 juta. Hebatnya lagi RS Omni akhirnya mutusin hapus dendanya. Jadinya semua uang itu disumbangin ke pengungsi Merapi oleh Prita.
Keren ga tuh?
Sumber Gambar ksp.go.id
25.Anjurkan Pembaca Buat Sebarin Tulisan Kita;
Ini ga banyak disadari orang.
Trus terang sejak ngeblog dari 2009. Ilmu ini baru dapat setelah tahun 2015. Belajar dari Para Tukang Video. Sebutkan aja kata mata air (dalam bahasa Inggris).
Mereka selalu anjurkan pelanggannya untuk suka, komentar, dan berlangganan tulisannya.
Lalu kenapa tulisan kita ga dibuat kayak gini?
Yah, mahal sih ilmu ini karna dapetnya setelah 6 tahun ngeblog. Tapi harus dibagiin karna kita ga pengen kayak blogger-blogger lama yang pelit ilmu dan jualan ilmu.
Karna kita yakin:
1.Kalo ada guru yang ga sebarin ilmunya sama murid. Tinggal tunggu nafasnya aja hilang, maka ilmu itu bakal ikutan hilang.
2.Kalo ilmu gurunya semua dibagikan, maka murid ga akan sibuk mencari ilmu yang udah dimiliki sama gurunya. Tapi sibuk mencari ilmu baru.
Contoh anjuran untuk sebarin tulisan, baca pada akhir tulisan ini.
Catatan
Cara ini juga bisa diterapkan agar pembaca “suka”, komentar dan berlangganan tulisan kita.
Sumber Gambar www.jurnalweb.com
26.Sebarin Rutin Tulisan Di Media Sosial;
Kita buat bahasan sederhana deh. Coba jawab beberapa pertanyaan ini.
1.Kenapa rokok, minuman beralkohol, narkoba, dan judi, udah dilarang. Tapi masih laku-laku aja?
Karna mereka udah terlanjur suka dan ketagihan.
2.Kenapa anak-anak dianjurin sekolah. Ada sekolah gratis tapi masih ada aja anak yang ga sekolah?
Karna memang ga ada dorongan. Kita liat ada yang bisa berhasil tanpa sekolah.
Dari 2 kesimpulan diatas. Ga usah dibuat ribet. Kita ambil aja 2 alasan sederhana. Kedua kasus itu bisa terjadi karna “keberadaan” dan “kesempatan”.
Pertama rokok, minuman beralkohol, narkoba, dan judi, masih aja hidup sampe sekarang. Karna masih ada aja orang yang buat. Coba rokok, minuman beralkohol, narkoba, dan alat judi hilang. Ya, ga bisa apa-apa lagi kan?
Lalu kesempatan. Nah, kesempatan yang dimaksud disini itu waktu ato tempat buat orang menikmatinya ya. Kasus pertama, meskipun guru dan orangtua udah larang tapi kalo masih aja ada waktu dan tempat buat menikmati rokok, minuman beralkohol, narkoba, dan judi. Maka 4 hal buruk akan tetep merusak generasi.
Sedangkan kasus kedua, meskipun sekolah itu ada tapi kalo kita ga dikasih kesempatan. Kita ga dikasih waktu dan tempat buat menikmatinya. Maka sekolah cuma akan jadi pemanis mulut pejabat, pengisi program pemerintah, dan penguras anggaran negara.
Wuih, berat ya.
Kembali ke jalan yang bener.
Keberadaan dan kesempatan. Itu alasan kenapa #PostingRutinPenting. Supaya tulisan kita bisa dilihat dan supaya tulisan kita sempat diliat.
Oh ya, sebar 3 tulisan tiap hari itu minimal ya.
Kalo lebih justru lebih, asal jangan spam ya.
Cara sebar tulisan yang bener disosial media, kita bahas lain kali ya.
Sumber Gambar suryapersonal.blogspot.co.id
27.#SebarTulisanTepatWaktu Di Media Sosial
Kita ambil contoh sama seperti diatas soal bom sarinah.
Mana lebih banyak pembacanya berita soal bom sarinah disebar saat awal tahun 2016 ato awal tahun 2017?
Lalu lebih baik sebar tulisan soal #PilkadaDKI ato #BomSarinah sekarang?
Nah, itulah kenapa waktu sebar tulisan itu sangat penting.
Wuh, akhirnya.
Kita yakin nih, setelah ini bakal ada yang bilang cara ini ribet. Sebenernya caranya sih sederhana tapi menjalaninya memang butuh waktu.
Karna kalo asal buat tulisan aja bisa dapatkan banyak pembaca. Seharusnya udah banyak blogger / penulis yang hidup enak.
Buktinya ga kan Mas Bro dan Mbak Bro?
Semua butuh usaha dan kerja keras. Jangan lupa doa juga.
“Usaha itu cuma 1% dan 99% adalah doa.”
Mas Bro dan Mbak Bro suka menulis?
Mulai lah dengan cara diatas, sebarin obrolan kita diatas sama temen dan keluarga disosial media ya.
Jangan lupa juga kasih masukan dalam kolom komentar dibawah ya.
Semoga berguna.
Seneng bisa berbagi.
Ada pacar yang selalu dikangenin
Sayangnya orangtua malah dilupain
Sekarang udah tau harus ngapain
Makanya blognya jangan dianggurin
Tembalang, Semarang
09:33 WIB, Minggu 25 Desember 2016
Tulisan Kita
Sumber Tulisan
Essra, Try Reza. 2015. Jumlah Blogger 35 Dari 881 Juta Pengguna Internetwww.antaranews.com/berita/525043/jumlah-blogger-35-dari-881-juta-pengguna-internet diakses pukul 13:45 WIB, pada hari Rabu 28 Desember 2016.
Darmawan. 2016. 25 Blogger Terbaik di Indonesia Berbagi Lebih dari 81 Tips Membuat Blog yang Sukses panduanim.com/tips-membuat-blog/ diakses pukul 19:31 WIB, pada hari Rabu 8 Januari 2017
Devi Argarini. 2017. Kekuatan Tagar di Media Sosial. www.femina.co.id/trending-topic/kekuatan-tagar-di-media-sosial
Sumber Gambar
blog.pauluswinarto.com diakses pukul 15:58 WIB, pada hari Sabtu 11 Februari 2016
darinholic.com diakses pukul 23:37 WIB, pada hari Kamis 09 Februari 2016
doggiesbackpacker.blogspot.co.id diakses pukul 11:33 WIB, pada hari Sabtu 11 Februari 2016
ebtohang.blogspot.co.id diakses pukul 23:36 WIB, pada hari Kamis 09 Februari 2016
gelut.com diakses pukul 11:37 WIB, pada hari Sabtu 11 Februari 2016
guruteknikinformatika.blogspot.co.id diakses pukul 23:36 WIB, pada hari Kamis 09 Februari 2016
hosting.id diakses pukul 23:39 WIB, pada hari Kamis 09 Februari 2016
infoutama.com diakses pukul 23:41 WIB, pada hari Kamis 09 Februari 2016
jasawordpress.com diakses pukul 12:33 WIB, pada hari Sabtu 11 Februari 2016
jurusmarketingonline.blogspot.co.id diakses pukul 23:36 WIB, pada hari Kamis 09 Februari 2016
ksp.go.id diakses pukul 16:22 WIB, pada hari Sabtu 11 Februari 2016
lahiya.com diakses pukul 23:46 WIB, pada hari Kamis 09 Februari 2016
lifestyle.okezone.com diakses pukul 23:42 WIB, pada hari Kamis 09 Februari 2016
kamuitubeda.wordpress.com diakses pukul 11:30 WIB, pada hari Sabtu 11 Februari 2016
newbiegger.blogspot.co.id diakses pukul 23:43 WIB, pada hari Kamis 09 Februari 2016
pagenews.co diakses pukul 11:54 WIB, pada hari Sabtu 11 Februari 2016
riaubook.com diakses pukul 23:49 WIB, pada hari Kamis 09 Februari 2016
suryapersonal.blogspot.co.id diakses pukul 16:22 WIB, pada hari Sabtu 11 Februari 2016
www.aktual.com diakses pukul 23:32 WIB, pada hari Kamis 09 Februari 2016
www.centerklik.com diakses pukul 14:32 WIB, pada hari Sabtu 11 Februari 2016
www.femina.co.id diakses pukul 16:42 WIB, pada hari Sabtu 11 Februari 2016
www.gakuku.com diakses pukul 23:31 WIB, pada hari Kamis 09 Februari 2016
www.jurnalweb.com diakses pukul 16:46 WIB, pada hari Sabtu 11 Februari 2016
www.youthmanual.com diakses pukul 11:32 WIB, pada hari Sabtu 11 Februari 2016
DaftarMasukRSS EntriRSS KomentarWordPress.org